Rabu 2 Oktober 2024. Ada banyak produk lokal yang berasal dari UMKM di Barsel yang kita bawa untuk kita promosikan pada Inacraft kali ini, diantaranya produk UKM, kerajinan anyaman rotan, anyaman dari bahan enceng gondok, madu asli barsel dan batik motif piring malawen.

Ketua TP. PKK Barsel Hj.Erna Ardian menjelaskan bahwa batik ini bermotif piring malawen dengan motif pendukungnya anggrek hitam serta air digagas oleh Ketua TP. PKK Barsel Hj.Erna Ardiani Palupi yang diinspirasi dari budaya dan potensi sumber daya alam yang ada di daerah Barsel.

Batik motif Piring Malawen ini sudah tercatat di Direktorat jenderal (Dirjen) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, dengan harapan batik motif khas Barsel ini bisa menjadi kebanggaan bagi daerah.

“Batik motif khas Barsel ini sudah dikembangkan oleh pengrajin yang ada di daerah ini, sehingga bisa dikenal masyarakat luas,”

Dalam Inacraft 2024 kali ini merupakan peluang besar bagi Pengrajin, Enterpreneur dan Pelaku UMKM di Barsel. sehingga bisa  menjadi pintu gerbang penggerak ekonomi masyarakat, dan dikenal luas oleh masyarakat,”